Struktur Organisasi Hotel Kecil
1.CorporateOwner:komisaris/pemilik.
2. General Manager
General
Manager Hotel dibutuhkan pengalaman yang sangat banyak terutama di bidang
perhotelan. Manajer Hotel (perhotelan) adalah orang yang mengelola
operasional sehari-hari dalam manajemen hotel. Hotel
besar selalu memiliki tim untuk manajemen, dimana setiap anggota tim
berkonsentrasi pada daerah kepentingan tertentu.
Manajer
Hotel bertanggung jawab atas operasi yang
efisien dan menguntungkan bagi perusahaan mereka. General Manajer Hotel bertugas mengontrol keuangan, rumah tangga,
kualitas pelayanan dan makanan, dekorasi dan interior serta pembentukan
norma-norma yang harus diikuti oleh staf sambil memberikan layanan mereka
kepada para tamu, dll. Sedangkan, tugas dari Asisten Manajer adalah untuk
mengawasi operasional sehari-hari dari departemen. hotel besar memiliki Manajer
Residen untuk menyelesaikan masalah sepanjang waktu. Di sini para manajer
departemen yang berbeda diawasi oleh manajemen puncak.
Tugas
Seorang Manager Hotel :
- Mengatur dan meneliti pemesanan, penerimaan, pelayanan
kamar, dan kegiatan pengurus/pelayan hotel
- Mengawasi persiapan keamanan, kebun dan pemeliharaan
barang-barang
- Merencanakan dan mengawasi bar/tempat minum, restauran,
dan tempat/ruangan untuk konferensi
- Mengamati minuman keras, permainan dan peraturan hukum
yang terkait dengannya
- Menilai dan memeriksa kepuasan tam
- Memeriksa pembukuan dan kegiatan pembelian
- Menetapkan pembuatan anggaran.
- Mengawasi pemilihan, pelatihan dan pengawasan terhadap
staf
- Memastikan terpenuhinya standar K3 sesuai dengan
peraturan perundang-undangan
- Menyediakan informasi wisata lokal dan mengatur
trasportasi untuk kunjungan/wisata kepada tamu
3.Executive
manager : sekretaris direktur utama yang menagatur semua jadwal kegiatan/acara.
4.Sales& marketing : bagian yang bertugas memasarkan hotel tersebut agar
dikenal banykan orang sehingga akan banyak tamu yang akan menginap dihotel
tesebut,dan dharapkan dengan dilakukannya pemasaran yaitu agar tamu mau datang
kembali ke hotel tersebut.
5. Duty manager : seseorang yang ditugaskan oleh perusahaan untuk menjadi
manager dan sebagai perwakilan pada perusahaan pada saat jam perkantoran sudah
selesai serta sebagai penganti manajemen atau manager yang tidak melakukan
tugas pada jam kantor.
6. Hotel Account : yang bertanggung jawab mengendalikan segala
operasional keuangan yang ada didalam hotel.
7.F & B manager : merupakan penghasilan utama atau penghasilan lainnya
sebagian besar hotel yang menggantungkan dari penjualan makanan dan
minuman.bagian ini memiliki tugas
dan tanggung jawab membuat,menyiapkan, dan menyajikan makan dan minuman yang ad
didalam hotel kepada tamu.
8.Chief engineer: memiliki tugas dan tanggung jawab melakukan perbaikan-
perbaikan jika ada suatu kerusakan serta perawatan baik itu interior
maupuneksterior. Seperti contohnya, mengecat, memperbaiki kerusakan listrik
danlain-lain.
9.Room divition manager: yang bertugas mempersiapkan kamar.
10. personal manager: yang memiliki tugas dan tanggung jawab melakukan
perencanaan, pengawasan, dan berperan serta dalam perekrutan karyawan , serta
membantu dalam pengarahan program pelatihan bagi karyawan dalam suatu
hotel.Demikianlah department-departemen yang ada dalam hotel untuk menunjang
pengoperasionalan hotel.
11.Front office manager: tempat yang paling depan yang ada di dalam suatu hotel
yang bertugas mengurusi regristrasi tamu sebelum menginap di dalam hotel,memesan
kamar dan juga check out.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar